5 Tempat Wisata Iptek Menarik di Indonesia

Pengalaman berlibur ke Science Centre atau Museum Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) bersama keluarga dan anak-anak bisa amat menyenangkan. Rasa penasaran, kejutan, dan kekaguman dapat silih berganti mewarnai antusiasme Anda dan si kecil saat mencoba berbagai macam alat peraga dan permainan Iptek, guna menambah wawasan pengetahuan dengan cara santai lagi menyenangkan.

Di Indonesia, fasilitas rekreasi bertemakan Iptek semakin berkembang, beberapa di antaranya sangat layak dikunjungi. Kunjungan Anda bersama keluarga ke tempat wisata Iptek dijamin tidak akan membosankan dan bisa membuat Anda lupa waktu karena keasyikan bermain, sampai tahu-tahu perut Anda sudah berbunyi tanda lapar.

Tempat Wisata Iptek

Salah satu daya tarik dari wisata ini adalah mampu mengungkapkan misteri-misteri yang terjadi di sekitar kehidupan kita lewat ilmu pengetahuan yang bisa dipahami, sehingga Anda pun diajak untuk menemukan jawaban dan cara kerjanya dengan usaha Anda sendiri. Maka tak heran jika Anda lantas melihat banyak pengunjung yang serius mencoba alat peraga, lalu mengangguk-anggukan kepalanya sendiri setelah berhasil mencobanya. Menarik kan! Ajak si kecil mengunjungi tempat-tempat wisata Iptek di Indonesia berikut ini.

  1. Museum PP Iptek TMII

Berlokasi di dalam kompleks Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta. Museum yang berwarna-warni ini merupakan pusat Ilmu Pengetahuan dan Teknologi pertama di Indonesia, yang diresmikan pada tanggal 20 April 1991. Ada sekitar 300 buah alat peraga interaktif yang ramah dimainkan oleh segala usia.

Museum ini mewakili setidaknya 14 bidang ilmu pengetahuan. Anda bisa coba memainkan sepeda layang, roket air, dan ikut berguncang dalam simulator gempa. Ada juga pertunjukan film ilmiah yang bisa Anda tonton dalam ruang auditorium berkapasitas 130 orang.

  1. Science Centre di Trans Studio Bandung

Science Centre adalah salah satu wahana favorit di Trans Studio Bandung (TSB), yang mengemas hiburan menarik bertemakan ilmu pengetahuan dalam 4 bidang ilmu, yaitu Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi. Setelah tiga tahun dibuka, tempat yang berlokasi di Jl. Gatot Subroto 289, Bandung ini menawarkan wahana edukasi The Ocean yang mengangkat tema kelautan untuk menumbuhkan rasa kepedulian untuk menjaga kelestarian lingkungan laut.

Ada wahana mesin kapal selam yang dilengkapi informasi biota laut pada setiap kedalaman airnya, ada kolam interaksi pengunjung dengan aneka binatang laut, berkenalan dengan Kenny si penyu hijau, dan berbagai wahana interaktif lainnya.

  1. Puspa Iptek Bandung

Selain Science Centre di Trans Studio, Bandung juga punya tempat wisata Iptek bernama Puspa Iptek di Kota Baru Parahyangan. Keistimewaan tempat ini berkat jam matahari raksasa alias Sundial terbesar di Indonesia yang tercatat dalam rekor MURI. Tempat ini juga menampilkan kurang lebih 120 alat peraga ilmiah, seperti bola melayang, pengukur arus listrik pada tubuh manusia, sumur gravitasi, kursi paku, sepeda gantung, ilmu gelombang suara, juga ada pertunjukan film 4 dimensi, dan workshop kerajinan tangan tradisional.

  1. Taman Pintar Yogyakarta

Yogyakarta tak ketinggalan menawarkan wisata Ilmu Pengetahuan yang menarik dengan berbagai alat peraga ilmiah dan wahana permainan edukasi di Taman Pintar Yogyakarta. Area seluas lebih dari 6.500 meter persegi ini terdiri dari Playground, Gedung Oval Kotak yang berisikan benda-benda berbentuk kotak dan oval, Gedung Memorabilia mengenai pemahaman sejarah dan budaya, Wahana Bahari, Rumah Batik, Rumah Gerabah, Planetarium, Wahana Dinosaurus, dan Gedung PAUD dengan beragam wahana menarik khusus usia 7 tahun ke bawah seperti taman air menari, prinsip katrol, dan lain-lainnya.

Di sini Anda juga bisa mencoba simulator gempa berkekuatan 4 skala richter, serta mempelajari tindakan-tindakan apa yang dilakukan pertama kali saat terjadi gempa. Anda pun pasti puas melihat si kecil keasyikan mengeksplorasi setiap wahana edukasi yang membuatnya lebih pintar di taman pintar ini.

  1. Sky World Indonesia

Tempat wisata Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang satu ini berkenaan dengan dunia Astronomi. Berlokasi di area Taman Mini Indonesia Indah (TMII), di sini Anda bisa menemukan berbagai informasi, hiburan, dan berbagai wahana permainan dalam ruangan-ruangan menarik yang berdesain antariksa.

Ada ruang Astromitologi yang menampilkan kisah-kisah yang berkaitan dengan antariksa, ada ruangan yang memajang foto-foto para astronot Indonesia, salah satunya Pratiwi Sudarmono, ada ruang pajang miniatur roket, sejarah roket, sejarah astronomi, dan perkembangan dunia antariksa di seluruh dunia. Anda juga bisa masuk ke mini Planetarium dan Cinema 5D, atau bermain-main di taman Sky World yang pasti membuat si kecil tak ingin pulang.

Anda bisa mulai mencari promo tiket pesawat menuju kota-kota ini, dan Anda tidak akan menyesal berpetualang seru sambil berilmu bersama keluarga dengan mengunjungi tempat-tempat wisata Iptek yang menarik di atas. Pastinya akan menjadi pengalaman seru yang bermanfaat dan tak terlupakan bagi si kecil kesayangan Anda.

Hafif

Berdoa, Berusaha, dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *