Agar Wanita Tetap Aman Mengendarai Mobil Saat Macet

Tips Aman Mengendarai Mobil Saat MacetKepadatan jalan raya yang super macet biasanya membuat para pengemudi wanita menjadi kesal. Maklum saja, kemacetan memang membuat pengemudi harus berlama-lama di jalan raya bersama mobil kesayangan. Jika sudah sering menghadapi kemacetan, biasanya para wanita sudah lebih terlatih mengatur emosi agar tetap merasa nyaman.

Memiliki mobil pribadi memang tak hanya sebatas memilih yang terbaik dari Mobil123.com. Kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan kondisi kemacetan juga patut dikuasai oleh kaum wanita. Agar wanita tetap aman mengendarai mobil saat macet, alangkah baiknya jika menyimak dan segera mempraktikkan beberapa kiat ini.

  • Gunakan Persneling Rendah

Menggunakan persneling (gigi) rendah membuat mobil jadi lebih mudah merespon pengereman dan gas. Selain itu, mesin mobil pun tidak mudah mati jika injakan kopling dan gas kurang seimbang.

  • Rem Tangan Ketika Berhenti Dalam Waktu Lama

Rem tangan harus diaktifkan ketika berhenti dalam waktu lama. Di samping membuat kaki tidak terlalu lelah karena lama menginjak pedal, rem tangan juga menghindari kondisi pergerakan mobil ketika berhenti di jalanan yang menanjak.

  • Jangan Lupa Menyalakan Lampu Sein

Ketika hendak berbelok, memutar, atau berpindah jalur, jangan lupa untuk selalu menyalakan lampu sein. Dalam kondisi macet biasanya para pengemudi mobil jadi tidak sabar dan jarang mau memberikan jalan untuk kendaraan lain. Jadi, pengemudi wanita pun harus lebih bersabar bila ingin mendahului kendaraan lain atau berpindah jalur. Jangan sampai langkah yang tergesa-gesa malah menyebabkan kecelakaan lalu lintas.

  • Kurangi Penggunaan Setengah Kopling

Penggunaan setengah kopling membuat mobil bisa merespon lebih cepat ketika menginjak gas atau rem. Namun penggunaan setengah kopling terlalu lama berisiko merusak kampas kopling. Kampas kopling yang menipis dan rusak bisa menimbulkan bau terbakar bahkan mogok. Jadi, sebaiknya pindahkan persneling dalam keadaan netral agar mesin mobil berada dalam kondisi aman.

  • Perhatikan Jarak Aman dengan Kendaraan di Depan

Kemacetan yang berlarut-larut membuat pengemudi jadi kurang sabar dan seringkali tidak menghiraukan jarak mobil dengan kendaraan di depannya. Padahal jarak mobil yang terlalu dekat dengan kendaraan depan berisiko menimbulkan kecelakaan bila terlambat mengerem. Untuk itu, jagalah emosi tetap stabil dan usahakan untuk selalu mempertimbangkan jarak aman dengan kendaraan lain.

Meskipun tampak sederhana, 5 kiat tersebut pasti membuat pengemudi wanita menjadi lebih mahir mengemudi di jalanan yang macet. Lengkapi kemahiran mengemudi dengan kesabaran dan pola pikir positif agar kemacetan lalu lintas tidak menimbulkan stres dan rasa tak nyaman.

Sumber :
kabarmakassar.com/top-7-tips-berkendara-saat-macet/
otomotifinfo.com/cara-mengemudi-dijalan-macet.html
asapmobil.com/tips-cara-mengendarai-mobil-saat-macet/

Hafif

Berdoa, Berusaha, dan Tawakal

Leave a Reply