Aplikasi Cloud untuk Para Mahasiswa

tiga aplikasi berbasis cloudBagi kamu yang masih berstatus mahasiswa, kerja kelompok merupakan hal wajib dan lumrah setiap minggunya. Tidak jarang dosen memberikan seabrek tugas yang harus dikerjakan secara berkelompok dengan deadline yang sempit. Padahal, kamu dan teman sekelompokmu juga punya kesibukan lain di luar jam kuliah yang membuat waktu berkumpul bersama dan berdiskusi menjadi hal yang mustahil. Untuk itu, kamu membutuhkan sebuah aplikasi cloud yang memungkinkan kamu untuk mengerjakan tugas kelompok secara berbarengan tanpa harus bertatap muka. Apa sih cloud itu? Jangan bingung dulu, guys! Tidak hanya di luar negeri, layanan cloud Indonesia di negara kita ini juga sedang trend lho.

  • Google Drive. Siapa tidak kenal Google Drive? Para pengguna android pastinya sudah mengenal aplikasi ini. Ya, siapa sangka jika GDrive merupakan salah satu dari aplikasi berbasis cloud yang marak digunakan oleh masyarakat di Indonesia? Situs layanan cloud gratis ini bisa menyimpan data-data kamu mulai dari musik, film, bahkan dokumen. Kamu bersama teman sekelompokmu bisa berdiskusi melalui Gtalk untuk menyusun tugas yang bisa kamu kerjakan bersamaan di Gdrive. Mudah, kan?
  • Microsoft Skydrive. Ada tugas presentasi tapi tidak bisa menyusun tayangan bersama-sama? Jangan sedih! Microsoft Powerpoint yang digunakan untuk membuat slide presentasi ternyata bisa juga dikerjakan melalui Microsoft Skydrive lho. Aplikasi cloud dari microsoft ini memungkinkan kamu untuk mengakses semua microsoft office secara online dan bersamaan. Jadi, kamu dan teman sekelompokmu bisa mengerjakannya bersamaan tanpa perlu bertatap muka. Anggota kelompokmu pun tidak mungkin ketinggalan materi sehingga presentasi esok hari bisa berjalan lancar.
  • Dropbox. Ada bahan bacaan yang harus dibaca oleh masing-masing anggota kelompok untuk dibuat laporannya? Unggah saja bahan bacaannya di dalam dropbox agar bisa diakses oleh kelompokmu. Selanjutnya, kalian tinggal membuat satu dokumen word untuk diedit secara bersamaan.

Mengerjakan tugas kelompok tidak perlu repot lagi dengan kehadiran tiga aplikasi berbasis cloud ini. Tertarik untuk mencobanya? (Tr)

Hafif

Berdoa, Berusaha, dan Tawakal

3 Comments

    • Terima kasih atas komentarnya
      Memang banyak provider data center dan hosting yang kini mulai menggunakan layanan cloud

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *