Asuransi Kesehatan, Yang Kini Jadi Hal Wajib!

Manfaat asuransi kesehatan semakin di rasakan oleh masyarakat saat ini. Biaya berobat yang semakin mahal setiap tahunnya, membuat produk asuransi kesehatan menjadi semakin sangat dibutuhkan. Kondisi sekarang, di mana untuk pengobatan beragam jenis penyakit ringan saja, butuh biaya yang tidak sedikit bahkan sampai harus mengeluarkan dana hingga ratusan ribu rupiah. Bisa dibayangkan jika terkena penyakit yang lebih berat dan harus mendapatkan perawatan intensif, berapa biaya yang harus dikeluarkan ?

Selain biaya pengobatan sendiri ternyata berbeda dengan kamar ketika harus menjalani rawat inap, jadi tambah banyak biaya yang harus dikeluarkan bukan. Itu saja belum termasuk biaya dokter loh, obat dan tindakan tambahan lainnya jika memang diperlukan. Jika menggunakan produk asuransi kesehatan, maka si pasien dan keluarga tidak perlu merasa khawatir untuk mencari dana yang banyak karena semua biaya-biaya ini akan di tanggung oleh perusahaan asuransi.

Asuransi Kesehatan Kini Wajib Dimiliki

Melihat manfaat asuransi ini, maka banyak orang tertarik untuk menjadi peserta asuransi. Agen asuransi pun berlomba-lomba untuk menawarkan produk asuransinya pada masyarakat. Bahkan, terkadang mereka terlalu antusias dan justru mengganggu calon konsumennya. Hal inilah yang menyebabkan agen asuransi seringkali tidak disukai. Sementara itu, pemerintah pun mewajibkan seluruh masyarakat Indonesia memiliki asuransi kesehatan untuk menjaminnya saat terkena suatu penyakit.

Namun, biaya premi yang diterapkan oleh perusahaan asuransi terkadang cukup tinggi, sehingga tidak semua masyarakat mampu untuk membayar biaya premi ini. Terlebih lagi untuk beberapa kasus, asuransi kesehatan swasta memberikan premi yang cukup tinggi pada pesertanya, biasanya hal ini dilihat dari riwayat penyakit atau usia peserta.

Untuk memudahkan masyarakat yang berkemampuan minim, pemerintah memberikan fasilitas program asuransi kesehatan melalui BPJS Kesehatan (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan). Melalui program ini, masyarakat dengan penghasilan minim akan mendapat jaminan kesehatan, dan bagi masyarakat dengan penghasilan cukup tinggi pemerintah memberlakukan biaya premi setiap bulannya. Namun, biaya premi inipun tidak terlalu besar, sehingga tidak akan menyulitkan masyarakat.

BPJS ini dapat digunakan untuk penyakit ringan hingga penyakit kritis di berbagai rumah sakit yang sudah bekerjasama. Bagi masyarakat dengan penghasilan minim, program ini sangat bermanfaat untuk menjamin kesehatan mereka. Namun, untuk beberapa masyarakat kelas menengah ke atas, terkadang merasa kerepotan dengan prosedur yang harus dijalaninya, dan juga merasa tidak puas terhadap keterbatasan BPJS ini. Selain program BPJS, pemerintah juga mewajibkan pada setiap perusahaan atau usaha yang memiliki karyawan untuk memberikan jaminan kesehatan kepada karyawannya.

Perusahaan boleh menggunakan asuransi kesehatan swasta ataupun milik pemerintah. Karena itu, sebagian besar masyarakat yang bekerja di perusahaan pasti secara tidak langsung sudah menjadi peserta asuransi kesehatan. Kebijakan ini merupakan bentuk perhatian dari pemerintah mengenai kesehatan masyarakatnya.

Hafif

Berdoa, Berusaha, dan Tawakal

Leave a Reply