Banner Digital Sebagai Media Publikasi

Banner Digital Sebagai Media PublikasiDi dunia publikasi, pemasangan banner dan spanduk merupakan hal yang wajib dilakukan untuk menarik banyak peminat. Entah untuk memasarkan sebuah acara, sebuah produk, atau bahkan sebuah kegiatan. Tidak mengherankan jika sekarang ini layanan jasa cetak banner murah sangat mudah ditemukan di mana pun karena kebutuhan masyarakat akan hal ini sangatlah tinggi. Sebetulnya, cara untuk mempublikasikan sebuah acara tidak hanya bisa dilakukan dengan menggunakan banner atau spanduk untuk publikasi. Ada juga cara lain yang bisa ditempuh, yakni dengan menggunakan banner digital.

Apa itu banner digital?

Jika banner yang biasanya Anda gunakan adalah banner tiga dimensi alias yang tercetak, maka banner digital justru sebaliknya. Banner digital atau banner website, merupakan banner yang terpasang di situs-situs tertentu dan didesain sedemikian rupa untuk menarik perhatian pengunjung situs. Meski banner tercetak masih menjadi pilihan utama untuk melakukan publikasi, bukan berarti banner digital tidak menjadi pilihan, lho. Pasalnya, jika Anda perhatikan, sekarang ini banyak pelaku bisnis yang mempublikasikan iklannya dengan menggunakan banner digital. Bagi Anda yang ingin membuat banner digital, ini dia beberapa jenis banner yang bisa dicoba:

  • Static Banner

Sesuai dengan namanya, yakni banner statis, publikasi ini memang berupa gambar diam yang tidak bergerak. Formatnya sendiri biasa berupa JPG atau PNG tanpa ada unsur animasi di dalamnya. Static banner bisa menarik perhatian pengunjung dengan memainkan typography, warna, atau bahkan layout.

  • Flash Banner

Berbeda dengan static banner yang statis dan stand still, flash banner merupakan banner yang berisi animasi sehingga ada pergerakan di dalam publikasi ini. Tidak hanya gerak animasi saja yang ada, namun juga berpadu dengan suara dan permainan warna. Sisi interaktif dari flash banner inilah yang membuat banner jenis ini sangat dinikmati oleh para produsen. Penampilannya yang berupa video singkat ini berhasil menarik perhatian pengunjung situs dan membuat mereka mengeklik iklan tersebut untuk mencari tahu lebih lanjut. Sayangnya, banner jenis ini bisa membuat loading page sebuah situs menjadi lebih lambat karena terlalu berat.

  • Gif Banner

Tidak jauh berbeda dengan flash banner yang menggunakan animasi untuk menarik perhatian pengunjung situs, gif banner pun demikian. Namun, tentu saja ada perbedaan kualitas antara gif banner dengan flash banner. Gif banner yang dibuat menggunakan Gif animator atau photoshop ini tidak terlalu bagus jika disandingkan dengan flash banner.

Itu dia tiga jenis banner digital yang bisa Anda coba untuk mempublikasikan acara atau bisnis Anda. Selamat mencoba!

Hafif

Berdoa, Berusaha, dan Tawakal

Leave a Reply