Berkendara Tidak Nyaman ? Mungkin Ini Penyebabnya!

Semua mobil pasti pernah terasa kurang nyaman saat dikendarai. Bukan karena kualitasnya yang jelek, karena mobil dengan kualitas baik seperti Mitsubishi Strada Triton saja pernah mengalaminya. Kondisi ini, tentunya akan berdampak pada menurunnya konsentrasi pengemudi. Apalagi, jika masalah yang terjadi cukup parah, misalnya mobil yang terasa lebih berat ke satu sisi. Hal ini akan membuat lengan pengemudi terasa pegal karena harus menahan kemudi. Jika hal ini terus dibiarkan, kegiatan berkendara tentunya akan terasa tidak menyenangkan.

Tips Mengendarai Mobil

Untuk mengatasi masalah ini, tentunya Anda harus tahu terlebih dahulu, apa saja yang bisa menjadi penyebab mobil kurang nyaman dikendarai. Berikut ini, adalah beberapa contoh penyebabnya.

  • Mengabaikan Perawatan

Sebagus apapun mobil yang Anda punya, pasti tetap membutuhkan perawatan secara rutin. Beberapa perawatan mendasar yang wajib untuk dilakukan yaitu, pengecekan berbagai komponen untuk memastikan bahwa semua masih bekerja secara sempurna, dan penggantian oli secara berkala. Sementara itu, perawatan tambahan lainnya yaitu seperti melakukan spooring balancing, rotate ban, mencuci seluruh bagian mobil (termasuk mesin), dan berbagai hal lainnya.

  • Cara Menyetir

Sudah melakukan perawatan mobil secara rutin, tapi mobil masih kurang nyaman dikendarai? Hmm… mungkin ada yang salah dengan cara menyetir Anda. Karena, jika Anda menyetir dengan cara yang salah, akan dapat mempercepat kerusakan beberapa komponen pada mobil, yang pada akhirnya akan berpengaruh pada kenyamanan berkendara. Misalnya saja, jika Anda sering mengerem mendadak setelah kecepatan tinggi (bukan karena situasi yang mengharuskan, tapi karena seperti itulah cara Anda menyetir), memutar setir terlalu cepat hingga maksimal, terlalu sering banting setir, dan beberapa hal lain yang mungkin Anda lakukan.

  • Modifikasi Terlalu Berlebihan

Modifikasi mobil supaya lebih menarik, kenapa tidak. Tapi, jangan sampai modifikasi yang Anda lakukan justru membuat kegiatan berkendara menjadi terganggu. Pemilihan ban yang salah atau pemasangan knalpot yang salah, adalah beberapa contoh modifikasi mobil yang berdampak pada kenyamanan berkendara.

Menghindari ketiga hal yang telah disebutkan di atas, sangatlah penting demi kenyamanan berkendara. Karena, kenyamanan saat berkendara ini juga sangat berpengaruh pada keamanan saat berkendara. Jadi, pastikan untuk memperhatikan beberapa hal di atas ya. (Vita)

Hafif

Berdoa, Berusaha, dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *