Berwisata Sejarah ke Monumen Kapal Selam Surabaya

Siapa sih yang nggak suka jalan-jalan? Yah, mungkin ada juga sih, tapi jumlahnya nggak banyak. Buktinya, tempat wisata selalu penuh dengan pengunjung. Bahkan, saat ini situasi ini tidak terjadi saat libur panjang saja, tetapi juga saat di hari biasa. Yup, memang mulai banyak wisatawan yang rela untuk mengambil cuti kerja hanya demi berwisata ke berbagai daerah, termasuk Surabaya. Makanya, jangan heran kalau kamu melihat Surabaya hotel tetap penuh meskipun bukan di waktu libur panjang.

Monumen Kapal Selam Surabaya

Nah, buat kamu yang juga sedang merencanakan liburan ke kota ini, bisa nih menambahkan monumen kapal selam sebagai salah satu lokasi wisata yang wajib untuk dikunjungi. Khususnya, jika kamu menyukai wisata sejarah, atau senang dengan berbagai hal yang berkaitan dengan kapal. Monumen ini bukan hanya sekedar sebuah bangunan berbentuk kapal selam yang berisikan berbagai informasi mengenai kapal selam saja loh. Melainkan sebuah kapal selam sungguhan yang dulu pernah aktif digunakan oleh Angkatan Laut Indonesia. Hmm… menarik bukan?

Yap, monumen kapal selam ini memang menggunakan kapal selam asli, yaitu KRI Pasopati 401 yang dibuat di Rusia pada tahun 1952. Kapal ini mulai aktif digunakan pada tanggal 29 Januari 1962 dengan tugas utamanya untuk menghancurkan garis musuh, melakukan pengawasan dan penggrebekan secara diam-diam. Kapal ini memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga keutuhan dan keamanan wilayah kelautan Indonesia pada masanya.

Berwisata Sejarah ke Monumen Kapal Selam Surabaya

Untuk dapat membawa kapal ini ke Surabaya dan dijadikan monumen bukanlah hal yang mudah, mengingat ukuran dari kapal ini yang sangat besar. Sebab itulah, kapal ini harus dibagi menjadi 16 bagian untuk mempermudah proses pengangkutan. Setelah seluruh bagian kapal lengkap, bagian yang terpisah ini kemudian kembali dirangkai menjadi satu bagian yang utuh. Proses konstruksi dari monumen ini sendiri dimulai pada bulan Juli 1995 dan resmi dibuka pada 15 Juli 1998.

Bagian Dalam Monumen Kapal Selam Surabaya

Jika kamu mengunjungi monumen ini, kamu akan bisa melihat seperti apakah isi dalam kapal selam. Seru bukan? Tidak hanya itu saja, kamu juga bisa menonton bagaimana kerja kapal selam ini saat masih aktif beroperasi. Nah, jika kamu sudah lelah berkeliling dan mengeksplor kapal selam, di sini juga terdapat sebuah sungai yang memiliki pemandangan sangat menarik dan romantis. Kamu bisa duduk untuk beristirahat sejenak sambil menikmati pemandangan. Atau, jika kamu suka berenang, di sini juga terdapat kolam renang yang bisa kamu manfaatkan. Lengkap sekalikan?

Jadi, tunggu apalagi. Pastikan untuk memasukkan monumen ini ke dalam daftar lokasi yang wajib kamu kunjungi saat ke Surabaya ya.

Hafif

Berdoa, Berusaha, dan Tawakal

Leave a Reply