Cara Membersihkan Wajah yang Benar

Sebagian dari kita selalu berpikiran bahwa membersihkan wajah merupakan sebuah basic task yang bisa dilakukan kapan saja, bahkan dalam keadaan mengantuk sekali pun. Dengan beraneka ragam produk perawatan kulit wajah yang ada di pasaran, membersihkan wajah terasa lebih mudah dan bisa dilakukan dalam hitungan menit. Tinggal bersihkan make up, membasuh wajah, menggunakan facial foam, dan voila wajah kembali bersih dan segar seperti sedia kala.

Cara Membersihkan Wajah

Namun, benarkah membersihkan wajah hanya sebatas pada membersihkan make up dan mencucinya?

Eits, ternyata membersihkan wajah tidak semudah itu, lho. Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan agar kulit wajah kita tetap sehat dan cerah berseri.

  • Bersihkan wajah dengan cara yang benar. Hapus make up yang menempel di wajah sebelum kita mencuci wajah. Pastikan bahwa make up di wajah kita sudah benar-benar bersih tak bersisa. Mengapa demikian? Pasalnya, banyak sabun pembersih wajah yang tidak bisa mengangkat sisa concealer dan foundation di wajah kita. Sayang banget, kan, kita sudah capek-capek mencuci wajah eh ternyata masih ada sisa make up yang menempel di wajah. Setelah yakin kalau wajah kita sudah bebas make up, barulah mencuci wajah dengan sabun pembersih, dan membilasnya dengan air hangat.
  • Mencuci wajah terlalu sering bisa menghilangkan kelembapan dan juga membuat kulit terasa kering. Jadi, seberapa sering sih kita harus mencuci wajah setiap harinya? Well, beberapa dokter kulit menyarankan untuk mencuci wajah sesuai dengan kondisi kulit kita. Misalnya, jika kulit kita tergolong kulit wajah yang kering dan juga sensitif, kita bisa mencucinya satu kali sehari dan setiap sore saja. Kalau kulit kita tergolong berminyak, maka biasakan untuk mencuci muka pada pagi dan malam hari. Cari tahu dulu bagaimana jenis kulit kita untuk menentukan berapa kali kita harus mencuci wajah.
  • Beli pembersih yang sesuai dengan kulit wajah. Selalu pastikan bahwa fragrance (pengharum) tidak termasuk ke dalam ingredients. Kenapa? Sebab pengharum ini akan berdampak negatif pada kulit wajah yang sensitif karena bisa menimbulkan iritasi. Kemudian, tinggal pilih pembersih yang cocok untuk kulit kita, deh. Misalnya, untuk kulit berminyak belilah pembersih yang memiliki foam, dan lain sebagainya. Jika muncul tanda sebuah produk tidak sesuai dengan kulit kita, maka segera hentikan pemakaiannya.
  • Sesekali, pakai pembersih yang memiliki scrub untuk membantu proses eksfoliasi. Hal ini akan membantu pengangkatan sel kulit mati dan juga menghalau jerawat. Alternate this process dengan cara membersihkan wajah yang biasa kita lakukan, setidaknya tiga minggu sekali.

Nah, itu dia tips yang bisa kita lakukan, ladies. Yuk, aplikasikan langkah-langkah di atas!

Informasi Lainnya

Hafif

Berdoa, Berusaha, dan Tawakal

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *