Cara Mengetahui Kehamilan Kembar dan Bagaimana Menjaganya

Bagaimana rasanya saat periksa ke dokter, Anda dikabarkan sedang mengalami kehamilan kembar? Ada dua janin di dalam kandungan anda.

Membayangkan memiliki anak kembar yang lucu saja sudah membuat orang cengar-cengir sendiri. Apalagi terbukti memilikinya. Dan akan lebih membahagiakan lagi kalau keinginan untuk punya anak kembar yang selama ini Anda tunggu akhirnya terwujud juga.

 Kehamilan Kembar

Ada beberapa wanita yang berpotensi memiliki anak kembar. Yaitu wanita yang sudah berumur di atas 30 tahun, wanita yang punya silsilah keturunan kembar, wanita yang tinggi badannya melebihi rata-rata, wanita yang memiliki berat badan lebih dari 25 sesuai BMR (Basal Metabolic Rate), wanita yang mendapatkan bantuan kesuburan, wanita dari keturunan amerika dan afrika, dan wanita yang sudah pernah hamil.

Uniknya kehamilan kembar ini bisa diketahui dengan ciri-ciri berikut ini:

  1. Wanita yang sedang hamil kembar biasanya bisa merasakan kalau ada dua janin di dalam perutnya. Perasaan itu bisa jadi muncul setelah ia mendapatkan ilham dari mimpi. Hanya saja ini tidak bisa dijelaskan secara ilmiah. Tetapi banyak benarnya.
  2. Mengalami rasa mual yang sangat berlebihan, bahkan jika Anda muntah bisa juga melebihi dari yang biasa dialami wanita pada umumnya.
  3. Mengalami rasa sensitif terhadap bau, makanan dan apa saja secara berlebihan, biasanya terhadap makanan laut, daging, kopi maupun teh.
  4. Rahim yang membesar lebih cepat dari biasanya, dan berat badan meningkat lebih cepat di hamil trimester pertama
  5. Payudara akan terasa sakit yang berlebihan, bahkan tidak akan nyaman menggunakan bra.
  6. Terlalu sering buang air kecil, dan mengalami kelehan yang berlebihan.
  7. Tingkat HCG yang sangat tinggi, ini hanya bisa diketahui melalui tes urine. Biasanya garis terlihat lebih luas.
  8. Beberapa yang mengalami kehamilan kembar juga akan mengalami kram yang lebih sakit dari biasanya.
  9. Denyut nadi akan lebih cepat karena harus memompa darah dalam jumlah ynag lebih besar dari biasanya.

Untuk mengetahui secara pasti tentang kehamilan anda, sebaiknya lakukan tes USG. Dan jika memang ada dua janin dalam rahim anda, jagalah baik-baik dengan cara:

  1. Konsumsilah asam folat lebih banyak dari orang hamil pada umumnya. Anda bisa mendapatkannya dari sayuran hijau dan buah alpukat atau susu ibu hamil.
  2. Sering-seinglah konsultasikan berbagai gejala yang Anda alami agar Anda tidak cemas.
  3. Perbanyaklah istirahat dan jaga kondisi tubuh agar tidak kelelahan.

Itulah beberapa informasi tentang kehamilan kembar yang bisa Anda jadikan rujukan. Yang paling penting selalu berdoa yang terbaik buat kehamilan anda.

Hafif

Berdoa, Berusaha, dan Tawakal

Leave a Reply