Cek Kondisi Mobil Terlebih Dahulu Sebelum Berlibur

Berlibur bersama keluarga menggunakan mobil pribadi yang sudah dimodifikasi mengikuti tips modifikasi mobil sungguh sangat mengasyikkan. Apalagi berlibur ke luar kota yang jauh dari tempat tinggal, maka suasana berlibur akan terasa begitu menyenangkan. Mengecek kondisi mobil saat melakukan perjalanan jarak jauh ke luar kota ketika berlibur juga sangat penting diperhatikan.

Kondisi mobil yang prima akan memberikan rasa aman dan menghindari terjadinya kecelakaan dan masalah lainnya di perjalanan. Tidak dapat dibayangkan, apabila ditengah perjalanan tiba tiba mesin mobil mogok atau bannya bocor. Pastilah perjalanan yang harusnya menyenangkan menjadi menyebalkan.

Cek Kondisi Mobil Sebelum Berlibur

Agar berlibur bersama keluarga semakin nyaman, maka sebelum berlibur Anda harus mengecek kondisi mobil terlebih dahulu. Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan:

  1. Periksa oli mesin. Hal pertama yang harus dilakukan adalah memeriksa oli mesin. Saat memeriksa oli mesin pastikan oli mesin volumenya cukup. Pastikan juga batas waktu kilometer pemakaian oli mesin cukup untuk perjalanan berlibur yang akan Anda tempuh.
  2. Periksa air radiator dan air reservoir. Memeriksa air radiator dan air resevoir juga sangat penting dilakukan. Pastikan air radiator terisi penuh sedangkan air reservoir jangan terlalu penuh. Periksa juga kondisi selang radiator dan selang penghubung ke reservoir. Bila mendapatkan selang yang menggelembung atau retak sebaiknya diganti.
  3. Filter dan selang bensin dalam kondisi baik. Pastikan bahwa selang bahan bakar tidak mengalami keretakan atau kebocoran. Selain itu pastikan juga filter bensin tidak tersumbat. Bagi yang sering melakukan servis rutin berkala kendaraan, biasanya filter bensin dalam kondisi bersih.
  4. Periksa putaran kipas pendingin. Apabila putaran kipas pendingin mobil Anda diputar oleh belt, maka periksalah kondisi belt. Cek juga ketegangan tension belt agar putaran kipas dapat optimal. Jika kipas diputar motor listrik, kondisi motor listrik masih baik dan layak.
  5. Timing Belt. Biasanya mengecek timing belt mobil pada saat waktu tempuh perjalanan sejauh 50.000 Km. Apabila Anda sudah melakukan perjalanan sejauh 50.000 Km, maka Anda harus menggantinya dengan yang baru.
  6. Air Filter (Saringan Udara). Pemakaian air filter atau saringan udara berpatokan pada jarak tempuh sekitar 10.000 km. Apabila sudah melebih itu, maka Anda harus membersihkannya.
  7. Aki (Accu). Periksa baut kutub aki dan bersihkan kutub aki dari kotoran atau kerak yang menempel. Periksa pula level air aki, jika kurang tambahkan dengan air aki murni.
  8. Ban. Mengecek kondisi ban sungguh sangat penting sekali dilakukan, periksalah apakah ban mobil Anda licin atau tidak. Jika Yaa, maka ganti ban mobil Anda terlebih dahulu. Lalu periksa juga apakah ada benda tajam yang menempel pada ban mobil Anda.
  9. Rem. Periksa level minyak rem di reservoir. Jika berkurang dari batas level minimal, maka perlu dicurigai kemungkinan adanya kebocoran. Periksa sistem rem apakah terlihat ada kebocoran pada selang, master rem, dan periksa apakah ada basah dibagian dalam velg sebagai tanda kebocoran silinder roda. Pastikan sistem rem dapat bekerja dengan baik.
  10. Lampu. Anda harus mengecek seluruh lampu di mobil Anda. Pastikan semua lampu dapat berfungsi dan menyala dengan normal. Bila ada lampu yang mati, segera di ganti dengan yang baru.
  11. Wipper kaca. Ini sangat berguna sekali bila berkendara di musim hujan. Pastikan wipper kaca mobil dapat berfungsi dengan normal.

Tidak terlalu sulit bukan mengecek kondisi mobil sebelum berniat untuk berlibur –Sh–

Informasi Lainnya

Hafif

Berdoa, Berusaha, dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *