Giant Komatsu Excavator PC 8000-6

Pasti kenal dong dengan alat berat ekskavator? Salah satu jenis alat berat yang hampir pasti dibutuhkan disetiap proyek ini, memang menjadi alat berat yang paling dikenal oleh masyarakat. Apalagi, saat ini ekskavator juga dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, misalnya evakuasi bencana, penghancuran bangunan liar, dan berbagai penggunaan lainnya. Maka tidak heranlah jika tidak hanya kebutuhan ekskavatornya saja yang meningkat, tetapi juga kebutuhan spare part alat berat ekskavator juga ikut meningkat. Karena semakin sering penggunaan, maka akan semakin cepat habis pula masa usia pakai sebuah spare part.

Giant Komatsu Excavator PC 8000-6

Ekskavator memang mulai sering dimanfaatkan dalam kehidupan masyarakat, namun tentunya ekskavator berukuran mini atau normal. Bukan sebuah ekskavator berukuran besar seperti ekskavator PC8000-6 yang diproduksi oleh PT. Komatsu. Alat berat yang sering disebut dengan “Giant Komatsu Excavator PC8000-6” ini memang memiliki ukuran yang jauh lebih besar daripada ukuran ekskavator normal lainnya. Karena itulah, penggunaannya pun khusus dan tidak bisa digunakan untuk sembarang keperluan.

Alat berat ini termasuk ke dalam daftar 10 mining excavators terbesar dan terberat. Mining excavator sendiri, adalah sebuah excavator berukuran besar dan memiliki berat hingga mencapai lebih dari 800t. Fungsi alat ini sama seperti fungsi ekskavator lainnya, yaitu untuk melakukan penggalian. Biasanya, ekskavator ini digunakan untuk melakukan penggalian di lokasi penambangan, misalnya saja seperti penambangan pasir.

Meskipun memiliki nama dan fungsi yang sama, namun sistem kerja alat ini sedikit berbeda. Bucket pada ekskavator ini menghadap ke atas dan berada diluar boom. Untuk menumpahkan pasir atau material lain yang telah digali, pada ekskavator standar umumnya bucket akan dimiringkan hingga material dalam bucket tumpah. Sementara, pada alat ini sisi luar bucket akan terpisah dengan sisi dalam bucket, dan menyebabkan material tumpah karena tidak ada lagi penahan pada bagian dalam bucket.

Meskipun berukuran besar, kabin operator pada alat berat ini juga tetap dapat berputar hingga 360 derajat. Sehingga, dapat bekerja secara efektif untuk menggali di berbagai sisi ekskavator. Kapasitas tangki alat berat ini yaitu 13.500 liter. Sementara level maksimum yang dapat dicapai oleh alat ini yaitu 15.800 mm.

Demikianlah informasi mengenai salah satu alat berat terbesar produksi PT. Komatsu. Semoga bermanfaat. (Vita)

Hafif

Berdoa, Berusaha, dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *