Industri Tekstil di Indonesia Siap Kalahkan Vietman

Kita patut optimis dengan kemajuan sektor industri tekstil di Indonesia. Walaupun beberapa waktu yang lalu Indonesia dikabarkan kalah bersaing dengan Vietnam, sepertinya ada kabar baik yang segera terdengar. Pemerintah saat ini tidak hanya fokus untuk meningkatkan produksi pertanian dan juga kelautan. Lihat saja apa yang dilakukan oleh Pemerintah untuk menguatkan industri tekstil di Indonesia.

Kerjasama Dengan Italia

Pemerintah memang sedang gencar-gencarnya menggalang kerjasama dengan luar negeri. Membuka peluang selebar-lebarnya kepada investor luar negeri menjadi cara yang tepat untuk meningkatkan geliat ekonomi dalam negeri.

Khusus di bidang industri tekstil, pemerintah Indonesia menjalin kerjasama dengan Italia. Pemerintah Italia akan memberikan mesin agar produksi tekstil meningkat. Dengan demikian, diharapkan Indonesia tidak hanya mampu memenuhi kebutuhan tekstil di dalam negeri, tapi juga ikut serta dalam meramaikan ekspor ke luar negeri.

Industri Tekstil di Indonesia

Saat ini memang Indonesia kalah dari Vietnam untuk urusan ekspor tekstil. Akan tetapi, jika kerjasama dengan Italia ini berjalan lancar dan sesuai dengan tujuan yang diharapkan, bukan tidak mungkin Indonesia akan menggeser Vietnam. Tentu hal ini bukan tanpa halangan. Selain memastikan Indonesia bisa memproduksi tekstil yang lebih banyak, kualitasnya pun harus lebih bagus jika dibandingkan dengan Vietnam. Selain itu, tentu saja pemerintah Indonesia harus lebih gencar dalam melakukan pendekatan dengan negara-negara yang membutuhkan produk tekstil dari Indonesia.

Yang Banyak Orang Khawatirkan

Selain optimisme, ada juga sebagian orang yang pesimis terhadap kerjasama yang dibangun pemerintah Indonesia dengan Italia di sektor industri tekstil ini. Mereka menganggap kerjasama ini akan membuat Indonesia semakin tergantung dengan Italia mengingat alat produksi tekstil dibuat di sana.

Tentu ini konsekuensi dari sebuah kerjasama. Namun, jika dilihat dari sisi positifnya, maka sisi negatif tersebut tentu bukan menjadi masalah yang perlu untuk dikhawatirkan. Dengan alat-alat tersebut, Indonesia tidak perlu lagi mengimpor produk tekstil dari Italia lagi. Dengan demikian, masyarakat bisa mendapatkan produk tekstil dengan lebih murah.

Siapa yang diuntungkan? Tentu saja masyarakat secara luas. Diharapkan, dengan terpenuhinya produksi tekstil seperti kain dengan harga yang murah, industri garmen bisa lebih berkembang dan bisa menyerap lebih banyak lagi tenaga kerja. Dan lebih dari itu, Indonesia akan dilihat oleh dunia sebagai penghasil produk tekstil seperti kain dengan kualitas yang kalah dengan negara-negara yang lain.

Hafif

Berdoa, Berusaha, dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *