IPB Tergabung Dalam Lembaga Kampus ASEAN Eropa

ASEAN-European Academic University Network merupakan jaringan atau lembaga kampus Asia Tenggara dan Eropa yang telah tergabung dan anggotanya terdiri dari 75 kampus yang berasal dari 17 negara, beberapa diantaranya yaitu Austria Slovakia, Jerman, Spanyol, Denmark, Italia, Inggris, Belanda, Swedia, Yunani, Thailand, Filipina, Vietnam Malaysia dan Indonesia. Salah satu perguruan tinggi dari 75 kampus yang tergabung dalam ASEA Uninet tersebut yaitu IPB (Institut Pertanian Bogor) yang berasal dari Indonesia. Hal ini disampaikan oleh Presiden ASEA Uninet yaitu Profesor Ketut Suastika di Kampus Unud Jimbaran, tepatnya di Gedung Institute for Peace and Democracy pada hari Senin tanggal 15 Februari silam.

IPB Tergabung Dalam Lembaga Kampus ASEAN Eropa
Hal yang disampaikan oleh Prof. Ketut Suastika mengenai keikutsertaan IPB dalam lembaga kampus ASEAN Eropa tersebut dilakukan pada saat pertemuan internasional ASEA Uninet yang dilaksanakan sebagai pertemuan 2 tahun sekali. Institut Pertanian Bogor dan beberapa calon anggota baru lainnya memaparkan profil masing-masing di hari kedua pada acara yang sama dalam ASEA Uninet Plenary Meeting. Lembaga internasional ini diharapkan bisa menjadi sarana yang baik untuk masing-masing anggota dalam menjalin kerjasama dalam bidang riset dan pendidikan.

Unud merupakan satu-satunya universitas di Bali yang terdaftar sebagai anggota dalam forum atau lembaga ASEA Uninet tersebut. Selain Unud dan IPB, ada juga beberapa daftar universitas di Indonesia yang telah terdaftar sebagai anggota lembaga kampus bergengsi tersebut, antara lain :

  • UI (Universitas Indonesia).
  • Unair (Universitas Airlangga).
  • UGM (Universitas Gajah Mada).
  • ITB (Institut Teknologi Bandung).
  • Undip (Universitas Diponegoro).
  • Universitas Sumatera Utara.
  • Institut Teknologi Surabaya.

Selain itu, Prof. Ketut Suastika juga berharap bahwa wadah internasional ini dapat dimanfaatkan sebagai acuan yang penting dalam menjalin komunikasi antar anggota, termasuk IPB (Institut Pertanian Bogor) yang notabene merupakan akademisi yang berkualitas dan kompeten di bidangnya. Organisasi antar universitas yang beranggotakan beberapa perguruan tinggi di ASEAN dan Eropa ini berpusat di Austria, tepatnya di Wina ini berfokus untuk menjalin kerjasama beasiswa pendidikan dan penelitian.

Hafif

Berdoa, Berusaha, dan Tawakal

Leave a Reply