Mari Membuat Rak Bukumu Sendiri

Desain Rak BukuPortal Informasi – Untuk para pecinta buku, memiliki rak buku adalah suatu kewajiban. Bahkan, tidak jarang mereka memiliki lebih dari satu untuk menyimpan semua koleksi bukunya. Karena itulah, pergi ke toko furniture jakarta sudah menjadi hal yang cukup rutin mereka lakukan, ketika rak buku yang mereka miliki sudah tidak lagi mampu menampung koleksi bukunya.

Sayangnya, koleksi rak buku yang dimiliki oleh toko furniture terkadang tidak selalu sesuai dengan selera kita. Padahal, harga rak buku tidaklah murah, jadi tidak mungkin jika kita memaksakan diri untuk membelinya. Daripada bingung, kenapa kita tidak mencoba untuk membuat sendiri rak buku yang sesuai dengan selera kita. Memang tidak terlalu mudah, tapi tidak sulit juga kok. Bagi kalian yang ingin mencoba untuk membuatnya, berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  • Hal pertama yang harus dilakukan adalah, menyiapkan konsep dan lokasi peletakkan rak. Kamu bisa membuat rak sederhana yang langsung tertempel pada dinding, namun bisa juga membuatnya dalam bentuk rak yang sederhana.
  • Setelah menentukan lokasi pemasangan, saatnya kamu mempersiapkan berbagai bahan yang dibutuhkan. Pastikan untuk memilih bahan yang cukup kuat, karena akan menahan beban yang cukup berat. Apalagi, jika koleksi bukumu adalah buku hardcover. Kamu bisa menggunakan kayu atau kaca yang cukup tebal sebagai bahan dasarnya.
  • Jika kamu akan menempelkannya langsung ke dinding, maka kamu harus menggunakan segitiga besi sebagai penahannya. Kamu bisa membentuknya seperti tangga agar rak bukumu terlihat menarik. Berikan jarak yang cukup antar satu rak ke rak yang lain. Selain itu, kamu juga harus memastikan bahwa panjang kayu atau kaca yang kamu gunakan sudah sesuai dengan ukuran bukumu.
  • Jika kamu ingin membuatnya dengan model rak, maka kamu akan membutuhkan ketelitian yang lebih lagi dibandingkan dengan rak yang menempel. Kamu harus benar-benar memasang antar barisnya dengan cukup kuat dan rapih agar rak bukumu ini terlihat menarik dan mampu menahan beban cukup berat. Selain itu, pastikan bahwa kamu memotong kayu atau kaca dengan ukuran yang paling sesuai (simetris) agar penampilan rak buku enak dilihat.

Jika kamu merasa kesulitan, kamu bisa meminta bantuan pada saudara atau kerabat yang memahami seni agar rak bukumu terlihat lebih artistik. Membuat rak buku sendiri juga tentunya akan memberikan nilai kepuasan yang lebih besar daripada membeli jadi kan? (Vita)

Hafif

Berdoa, Berusaha, dan Tawakal

Leave a Reply