Membeli Secara Kredit? Tidak Masalah Asalkan

Mengandalkan kredit mobil mandiri saat ingin membeli mobil, atau menggunakan kartu kredit saat ingin membeli barang lainnya merupakan hal yang saat ini umum dilakukan oleh masyarakat. Hal ini tidak hanya berlaku di Indonesia saja, melainkan juga di berbagai negara di dunia. Kemudahan dalam pengajuan kredit dan proses pembayaran yang dapat dicicil sesuai kemampuan, membuat cara pembayaran ini menjadi suatu jalan keluar bagi seseorang yang menginginkan suatu barang namun belum memiliki kemampuan untuk membelinya.

Sebenarnya, membeli secara kredit tidak masalah. Sayangnya, banyak orang yang tidak mampu untuk mengendalikan diri dan justru terjebak di dalamnya. Hal inilah yang membuat banyak orang lebih memilih untuk menghindarinya secara total daripada terjerumus dalam lingkaran hutang. Padahal, memanfaatkan fasilitas kredit itu aman, asalkan:

  • Sadari kemampuan

Berikan batasan maksimal cicilan yang mampu kamu bayarkan setiap bulannya. Kemampuan ini didasarkan pada perkiraan penghasilan tetap yang kamu terima setiap bulannya. Jika kamu adalah seorang karyawan, melakukan  penghitungan batas kemampuan bukanlah hal yang sulit. Lalu bagaimana jika kamu seorang wirausaha? Kamu bisa menghitungnya berdasarkan rata-rata penghasilan bersih yang kamu terima setiap bulannya.

Kredit

Tentu saja, ini hanya akan berlaku jika usaha kamu sudah berjalan beberapa bulan. Dengan melakukan penghitungan ini, kamu akan mengetahui nilai maksimal kamu boleh menggunakan fasilitas kredit. Sebab,jika sudah melebihi ini, maka kamu harus bersiap untuk melakukan penghematan ekstra keras agar seluruh cicilan kreditmu ini dapat terbayarkan.

  • Mampu menahan diri

Sudah melakukan penghitungan secara detail, tapi tidak mampu untuk menahan diri. Sama saja bohong. Cobalah untuk menahan diri dan lakukan juga perhitungan cicilan sebelum mengajukan pinjaman. Misalnya, kamu ingin mengajukan kredit kendaraan bermotor, dan saat ini kamu memiliki simpanan dana tunai senilai 50juta rupiah.

Baca juga : Solusi Selesaikan Persoalan Hutang

Uang ini cukup untuk membayar DP mobil impianmu yang berharga 150juta rupiah. Namun karena harga mobil tersebut yang bisa dibilang cukup tinggi, maka cicilan akan tinggi karena nilai DP yang dibayarkan rendah. Akibatnya, kamu yang akan merasa berat membayar cicilan setiap bulannya. Padahal, kalau kamu mampu menahan diri dan memilih mobil yang memiliki harga di bawah itu, kamu bisa mendapatkan cicilan lebih rendah karena sudah membayar DP dengan nilai yang tinggi.

Ada banyak sekali perhitungan yang harus  kamu lakukan sebelum  melakukan pengajuan kredit, apapun jenisnya. Tujuannya, agar kamu tidak sampai terjebak dengan lingkaran hutang. (Vita)

Hafif

Berdoa, Berusaha, dan Tawakal

Leave a Reply