Mengenal Macam dan Jenis Rem Sepeda

Macam dan Jenis Rem SepedaAda berbagai hal penting yang harus diketahui seorang pesepeda terkait keselamatannya, misalnya memilih helm untuk bersepeda, memilih jenis sepeda, dan hal yang tidak kalah pentingnya yaitu mengenal dan menggunakan jenis rem yang tepat. Rem sebagai sistem keamanan untuk sebuah kendaraan, termasuk sepeda MTB, sudah pasti ada dan harus berfungsi dengan baik untuk menjaga keselamatan si pengendara agar terhindar dari kecelakaan sekecil apapun. Meskipun demikian setiap jenis sepeda akan memiliki macam dan jenis rem sepeda yang berbeda.

Sebagai informasi, berikut gambaran secara simpel untuk mudah dipahami oleh para pembaca mengenai berbagai macam dan jenis rem sekaligus sistem pengereman untuk sepeda pada umumnya :

Dual-pivot Caliper Brake

Jenis rem dan sistem pengereman ini biasanya digunakan oleh jenis sepeda road bike. Namun sebagian besar dual pivot caliper yang berfungsi untuk jenis ban dengan minimal clearence meskipun demikian ini menjadi kurang ideal untuk utilitas sepeda. Jenis rem ini memiliki kelebihan, dimana lebih powerfull dan mudah dalam pengaturannya.

Dual-pivot Caliper Brake

Ada kelebihan, tentu akan ada kekurangan dari penggunaan jenis rem ini dimana clearance akan menjadi terbatas, kurang efektif bekerja ketika kondisi jalanan basah dan harus menggunakan perangkat tambahan seperti rim (velg) untuk permukaan pengereman.

Center-pull Cantilever Brake

Center-pull Cantilever Brake

Jenis rem dan sistemnya ini lebih cocok dan banyak dipergunakan untuk jenis sepeda MTB klasik jadul, namun sudah digantikan dengan v-brake dan disc brake. Jenis rem ini memiliki kekurangan dimana sedikit lebih rumit dalam hal penyettingan dan juga perawatan. Meskipun demikian kelebihan rem jenis ini membuat clearance menjadi lebih besar dari jenis rem dual pivot, cukup powerfull, dan desain klasik yang anti mainstream.

Linear-pull Brake (V-Brake)

Linear-pull Brake (V-Brake)

V-Brake merupakan pengembangan dari sistem cantilever, dimana jenis rem ini lebih mudah untuk di setting dan perawatannya pun lebih mudah. Meskipun demikian jenis rem ini kurang efektif dalam proses pengereman khususnya untuk kondisi jalanan yang basah ketika turun hujan.

Disc Brake

Disc Brake

Kini banyak jenis sepeda yang telah menggunakan rem disc brake, apalagi kini perkembangan akan variasi sepeda gunung mulai bervariatif jenisnya. Jenis rem ini bisa disebut juga rem cakram hidrolik yang sangat responsif dan juga kuat, meskipun terkadang sangat sulit untuk diperbaiki. Dibandingkan dengan jenis rem sepeda lainnya, disc brake memiliki beberapa kelebihan seperti pemasangannya yang terbilang mudah, powerfull, dan tahan di berbagai cuaca.

Drum/Roller Brake

Drum Roller Brake

Drum/roller brake bisa dibilang merupakan jenis rem sepeda internal dan tahan lama dalam berbagai cuaca meskipun keterbatasannya hanya dalam desain. Kelebihan dari penggunaan jenis rem ini, seperti weather proof, tidak memerlukan perawatan yang khusus, usia brake pad yang cukup panjang sehingga menghindari pergantian brake cepat. Namun kekurangan dari penggunaan kinerjanya tidak maksimal dan tidak cocok dengan sistem pengereman quick release.

Mengenal macam dan jenis rem sepeda ini juga bisa menjadi salah satu pertimbangan ketika memilih sepeda! -apuy-

Hafif

Berdoa, Berusaha, dan Tawakal

Leave a Reply