Penting, Ganti Filter Oli Secara Berkala

Oli atau pelumas merupakan salah satu komponen penting yang pasti digunakan dalam setiap kendaraan, dan harus diperhatikan kualitasnya. Oli yang memiliki kualitas buruk, tentunya akan langsung berpengaruh pada performa kendaraan. Sebab itulah, jangan heran jika masalah oli ini menjadi salah satu hal penting yang akan selalu diperhatikan oleh para pemilik kendaraan. Termasuk juga penggunaan oli samping terbaik oleh para pengguna motor 2tak.

Sayangnya, banyak yang terlalu fokus pada penggantian oli mesin secara rutin, dan melupakan hal penting lainnya. Padahal, tanpa mengganti komponen ini secara berkala, tidak peduli sebagus apapun kualitas oli yang digunakan tetap saja akan percuma. Yap, komponen ini adalah filter atau saringan oli. Coba saja bayangkan, jika kamu memiliki saringan yang sudah dipenuhi oleh kotoran. Meskipun kamu mengalirkan air yang bersih, pastinya setelah air melewati saringan ini tetap saja akan kotor.  Atau bahkan, air tidak mampu lagi mengalir melewati saringan karena kotoran yang terlalu banyak. Hal ini juga berlaku pada saringan ini.

Ganti Filter Oli Secara Berkala

Filter oli ini berfungsi untuk menyaring seluruh kotoran yang ada pada oli, baik kotoran berupa material yang terbawa masuk ke dalam tangki oli tanpa sengaja, maupun kotoran sisa gesekan mesin yang tercampur dengan oli. Jika filter oli ini sudah dipenuhi oleh kotoran, maka tidak menutup kemungkinan jika fungsinya sebagai saringan akan terganggu. Kotoran tidak akan lagi tersaring dan bisa terkumpul pada bagian mesin. Atau kemungkinan lainnya, filter oli yang terlalu kotor membuat proses sirkulasi oli ke mesin menjadi terganggu karena saringan tertutup oleh banyaknya kotoran. Jadi, ganti filter oli harus berkala yah!

Jika hal ini dibiarkan terus, maka gesekan yang terjadi pada mesin akan menjadi lebih keras dan menyebabkan mesin cepat aus. Tidak hanya itu saja, gesekan ini juga dapat membuat mesin menjadi cepat panas. Jika sudah begini, kamu harus bersiap untuk mempersiapkan budget yang lebih besar lagi untuk biaya perbaikan kendaraan kesayanganmu. Sebab, jika kondisinya sudah benar-benar parah bisa jadi tidak hanya satu komponen saja yang mengalami kerusakan, melainkan beberapa komponen sekaligus.

Jadi, masih mau mengabaikan komponen filter oli ini? Semoga informasi otomotif ini dapat bermanfaat! (Vita)

Hafif

Berdoa, Berusaha, dan Tawakal

Leave a Reply