REITs atau DIRE, Cara Lain Berinvestasi Properti dan Real Estate

Ketika mendengar investasi properti, mungkin seseorang akan langsung terpikirkan investasi rumah atau apartemen. Langkah awal untuk mendekorasi ruangan rumah merupakan hal yang sering dilakukan untuk meningkatkan harga jual dari properti yang akan dijual. Namun ternyata, selain investasi properti dengan cara biasa, ada juga cara lain yang bisa dilakukan jika ingin berinvestasi properti loh. Pernah dengar REITs atau DIRE ?

Mungkin jika para pengusaha bahkan perusahaan real estate di Jakarta bahkan developer properti lainnya pastinya sudah duluan memahami mengenai hal tersebut. Berbeda dengan orang yang awam, yang mendengar 2 kata tersebut akan merasa aneh dan bingung. Padahal istilah REITs (Real Estate Investment Trust) atau DIRE (Dana Investasi Real Estate) sudah lama keluar dan kini banyak dilirik sebagai alternatif dalam komponen investasi di bidang keuangan selain saham, obligasi, reksadana, dan jenis investasi keuangan lainnya.

REITs atau DIRE merupakan investasi dalam dunia properti yang memberikan manfaat untuk para investor yang bisa memiliki juga sebagai dari properti yang diperjualbelikan asetnya. Terdengar aneh dan membingungkan bukan ? Jadi, secara garis besarnya bahwa REITs atau DIRE ini investasi untuk para perusahaan real estate atau properti akan mendapatkan dana dari setiap penjualan aset properti yang dimilikinya. Biasanya dana yang didapatkan dari penjualan aset properti kepada para investor akan digunakan untuk membangun properti lain di lokasi lainnya.

Cara Lain Berinvestasi Properti dan Rea EstateUntuk jenis properti yang ditawarkan melalui sistem REITs atau DIRE ini biasanya merupakan jenis properti yang bersifat komersial seperti apartemen, rumah sakit, gedung perkantoran, hotel, mall, dan jenis properti komersial lainnya. Bahkan cara investasi melalui sistem REITs atau DIRE menawarkan deviden yang cukup besar, dan alasan inilah yang menyebabkan banyak perusahaan real estate di Jakarta dan developer properti di Indonesia memilih cara ini sebagai salah satu cara memperluas pembangunan properti dengan menggunakan brandnya.

Apa saja keuntungan berinvestasi properti dengan menggunakan komponen REITs atau DIRE ? Berikut ini beberapa keuntungan lain yang bisa didapatkan oleh setiap investor :

  • Penerbitan REITs atau DIRE ini juga bisa mendapatkan keuntungan dari aset yang tidak bergerak. Ini bisa menjadi aset tersebut dapat diperdagangkan kembali di lantai bursa dan ini menjadi tambahan keuntungan khususnya dana untuk para investor. Dengan kata lain dengan melakukan sekuritisasi di setiap aset menjadi REITs atau DIRE maka aset tersebut yang semula tidak likuid menjadi likuid dan pada akhirnya bisa berubah menjadi instrumen yang diperdagangkan di bursa.
  • Untuk setiap investor yang menginvestasikan uangnya di dalam sistem instrumen DIRE dapat menjadi alternatif investasi portofolio. Dengan begitu, si investor juga akan dapat memiliki keuntungan dari properti dan real estate yang disewakan atau diperjualbelikan. Instrumen ini juga dianggap investasi aman karena tingkat resikonya hampir tidak ada lantaran harga properti setiap tahunnya terus naik dan semakin tinggi.
  • Harga properti yang setiap tahun mengalami kenaikan, menjadikan pendapatan si investor menjadi meningkat karena pay out ratio yang dibagikan juga tinggi. Dengan kondisi ini, berinvestasi properti akan makin aman. Meskipun demikian, angka penerbitan DIRE di Indonesia masih terbilang rendah di mana sejak 2013 hanya tercatat hanya satu DIRE saja dengan nilai 500 miliar.

Dengan melihat kondisi di atas, maka pemerintah diharapkan bisa menurunkan besaran BPHTB dari 5% ke 1% dan PPh dari 1% menjadi 0,5%. Dengan turunnya BPHTB, maka ini akan membantu menarik minat para perusahaan real estate di Jakarta dan seluruh Indonesia untuk menerbitkan REITs atau DIRE untuk kembali menggairahkan bisnis properti yang ada di Indonesia.

Ingin mencoba berinvestasi properti dengan cara ini ? Silahkan mencoba! -apuy-

Hafif

Berdoa, Berusaha, dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *