Rencanakan Liburan? Perhatikan Hal Ini

Merencanakan Liburan KeluargaBerlibur bersama keluarga memang menyenangkan. Apalagi, kalau Anda berhasil mendapatkan tiket murah untuk penerbangan ke mancanegara berkat hunting promo internet banking yang bekerja sama dengan maskapai penerbangan. Membeli tiket secara murah artinya Anda bisa memangkas seperempat pengeluaran saat berlibur. Lumayan sekali, bukan?

Nah, kalau tiket pesawat sudah di tangan dan Anda siap untuk berlibur, maka siapkan hal-hal di bawah ini :

  • Tuliskan semua pengeluaran yang sudah pasti seperti biaya transportasi, sewa hotel, dan uang masuk ke dalam wahana. Hal ini membantu Anda untuk mengira-ngira seberapa besar pengeluaran yang akan Anda keluarkan dalam satu hari. Ingat, ini barulah hitungan kasar saja. Setelah itu, baru tambahkan pengeluaran untuk oleh-oleh dan biaya konsumsi.
  • Perhitungnya biaya lain di luar hitungan kasar di poin satu. Ingat, Anda akan berada di wilayah baru yang mungkin belum pernah Anda jelajahi. Tentunya, akan ada biaya yang harus dikeluarkan entah untuk urusan transportasi yang tidak terduga dan lain sebagainya.
  • Bawa uang cash secukupnya. Anda tentunya tidak ingin menarik perhatian tangan-tangan jahil dengan dompet Anda yang menggembung, bukan? Gunakan uang-uang cash untuk membayar pengeluaran-pengeluaran yang tidak bisa menggunakan pembayaran debit. Untuk membayar hotel, taman wisata, jika masih bisa menggunakan credit card atau atm, sebaiknya bayar dengan kartu.
  • Siapkan asuransi perjalanan Anda. Jika Anda belum membeli asuransi perjalanan, beli dahulu sebelum pergi. Banyak yang menyangka bahwa membeli asuransi perjalanan adalah pemborosan. Padahal kenyataannya tidak demikian. Saat liburan, kita sangat membutuhkan asuransi perjalanan apalagi jika lokasi liburan kita adalah negara yang jauh dari Indonesia. Asuransi perjalanan memberi kita proteksi jika ada sesuatu yang tidak diinginkan menimpa kita. Misalnya kecopetan, pesawat yang delay, atau bahkan jika kita harus masuk rumah sakit karena kecelakaan, misalnya. Jadi, jangan anggap remeh asuransi perjalanan ini. Pilih asuransi perjalanan yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi yang sudah terkenal baik reputasinya.

Itu dia tips-tips yang bisa Anda lakukan dalam melakukan perencanaan perjalanan. Semoga tips tersebut bisa membantu Anda, ya. Selamat berlibur!

Hafif

Berdoa, Berusaha, dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *