Sudah Amankah Internet Rumah Anda ?

Memperkuat Tingkat Keamanan  Internet RumahPortal Informasi Indonesia РInternet semakin lama semakin menjadi kebutuhan mendasar di dunia, seiring dengan semakin menyebarnya globalisasi. Kebutuhan informasi yang mengalir terus menerus membuat banyak masyarakat dunia memilih untuk memasang internet rumah. Namun, tidak sedikit masyarakat yang tidak mengetahui rentannya kemanan koneksi jaringan internet rumah. Dari serangan hacker, hingga orang yang mencuri bandwidth, semua itu dapat terjadi pada koneksi jaringan rumah. Untuk memperkuat tingkat keamanan  internet rumah guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, kita dapat melakukan hal-hal berikut ini:

Pasang enkripsi atau password untuk jaringan kita.

Dengan ini, hanya lingkungan keluarga, teman, atau kerabat saja yang bisa menggunakannya. Dengan ini kita juga dapat membatasi penggunaan.

  • Pastikan password terdiri lebih dari 8 karakter.
  • Gunakan kombinasi huruf besar/kecil, angka, dan spasi jika perlu. Beberapa router memperbolehkan penggunanya untuk memakai spasi sebagai password.
  • Buat kombinasi password yang rumit, namun mudah diingat dan tidak terlalu panjang.

Utamakan menggunakan WPA atau WPA2 bila tersedia. WPA atau Wireless Protected Access adalah fitur keamanan yang lazim ditemukan di router-router sekarang. WPA merupakan upgrade dari WEP atau Wireless Encryption Protocol, sementara WPA2 adalah versi WPA yang lebih kuat namun belum kompatibel untuk semua device sehingga kebanyakan orang masih lebih memilih WPA.

Ubah default setting router kita.

Setiap router memiliki default setting atau setting awal yang dipasang setelah selesai produksi. Disarankan bagi seluruh pengguna untuk mengganti berbagai macam setting router sesuai kebutuhan pengguna. Setting yang patut diganti pertama kali adalah password bawaan dan IP.

Matikan fitur remote access.

Remote access adalah sebuah fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengakses dan memonitor koneksi atau pun jaringan dari luar lokasi. Fitur ini meski memiliki banyak kegunaan, namun juga membahayakan koneksi atau jaringan internet kita. Nyalakan fitur ini hanya bila Anda sangat membutuhkannya.

Senantiasa pastikan firmware router up-to-date.

Firmware akan selalu diupdate oleh produsennya, pastikan kita tidak tertinggal update terbaru.

Log out.

Selalu logout setelah selesai menggunakan layanan. Entah itu layanan dari suatu website, ataupun game. (RR)

Hafif

Berdoa, Berusaha, dan Tawakal

Leave a Reply