Tips Cepat Menurunkan Kolesterol Secara Alami

Menurunkan kolesterol merupakan suatu hal yang wajib dilakukan bagi anda yang mengalami masalah dengan tingginya kolesterol jahat dalam tubuh. Sudah bukan rahasia lagi bahwa tingginya tingkat kolesterol dalam tubuh bisa menyebabkan berbagai macam penyakit yang mematikan seperti serangan jantung atau sakit jantung.

Berbicara mengenai kolesterol, tubuh kita memang membutuhkannya namun tidak dalam jumlah yang terlalu banyak. Untuk itulah sangat penting bagi anda untuk membersihkan kolesterol buruk yang ada pada sistem peredaran darah. Untuk membantu memerangi kolesterol buruk yang ada dalam tubuh kita, beberapa cara berikut ini bisa anda ikuti agar anda terhindar dari bahaya kolesterol.

  • Atur Porsi Makan Anda

Hal pertama yang sangat penting dalam upaya mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh adalah dengan mengatur porsi makan. Sangat penting bagi anda untuk makan sesuai dengan porsi yang direkomendasikan untuk kesehatan. Salah satu tips yang bisa anda ikuti dalam mengatur porsi makan adalah dengan menggunakan tangan anda. Ambillah porsi daging, ikan, buah, sayur dan nasi anda seukuran dengan tangan tertangkup anda.

Tips Cepat Menurunkan Kolesterol Secara Alami

  • Pilihlah Sajian Sehat untuk Jantung

Jenis makanan yang anda pilih juga penting untuk diperhatikan saat menurunkan kolesterol. Cobalah untuk memperbanyak porsi sayuran dan buah-buahan hingga lima sampai sembilan porsi sehari untuk membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi banyak sayur dan buah, diharapkan konsumsi anda akan makanan tinggi lemak berkurang. Selain buah dan sayur, jenis makanan tinggi sterol seperti yogurt dan margarin oleh juga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol.

  • Perbanyak Konsumsi Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan memiliki kandungan lemak tak jenuh tunggal yang sangat tinggi. Suatu studi menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi sekitar satu ons kacang setiap hari memiliki risiko penyakit jantung yang rendah. Kacang-kacangan menawarkan kadar serat yang tinggi juga, karena itulah mengkonsumsi kacang-kacangan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol serta membuat anda merasa kenyang dalam waktu yang relatif lebih lama.

Selain ketiga cara menurunkan kadar kolesterol di atas, hal yang tidak kalah penting dalam usaha untuk menurunkan kadar kolesterol jahat adalah berolahraga. Olahraga secara teratur sangat membantu anda dalam membasmi kolesterol buruk yang ada dalam tubuh. Tak perlu terlalu lama berolahraga, luangkan waktu anda 10 menit untuk olahraga setiap harinya pun tidak masalah selama dilakukan secara rutin. Sekian beberapa tips cepat menurunkan kolesterol.

Hafif

Berdoa, Berusaha, dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *