Tips Membeli Rumah Bekas

Rumah merupakan salah satu dari sekian banyak properti Indonesia yang diinginkan oleh banyak orang. Hampir setiap orang bermimpi untuk memiliki rumah sendiri sebagai tempat berlindung bagi Anda dan keluarga, sekaligus menjadi tempat tumbuh yang baik bagi anak-anak Anda kelak. Inilah salah satu faktor mendalam yang mempengaruhi bisnis properti. Bagi Anda yang tengah berpikir untuk membeli sebuah rumah bekas, sebaiknya cek dulu tips membeli rumah bekas di bawah ini supaya Anda tidak salah langkah nantinya.

Tips Membeli Rumah Bekas

  • Cek kondisi rumah yang akan Anda beli. Jangan hanya menilai tampilan luarnya dan melihat arsitektur di bagian depan rumah saja. Periksa keseluruhan rumah mulai dari depan hingga ke dalam secara menyeluruh. Kalau Anda tidak terlalu paham masalah properti, ajaklah kerabat yang paham dan tahu benar tentang ranah ini. Memeriksa rumah dengan mendetail akan mengurangi risiko kecewa di kemudian hari karena Anda yang teledor memeriksanya. Kenali tanda-tanda kemunculan rayap, tiang penyangga yang keropos, atau bahkan kemungkinan bocor. Lebih baik sibuk di awal dibanding harus repot di kemudian hari.
  • Cari tahu usia bangunan. Dengan memperkirakan usia bangunan tersebut berdiri, Anda bisa mengira-ngira seberapa kuat bangunan rumah tersebut untuk Anda gunakan sekarang dan di kemudian hari. Tanyakan pula pada pemilik rumah kapan bangunan tersebut terakhir kali direnovasi. Saat melakukan pengecekan, tanyakan pula letak sumber keberadaan air, listrik, dan juga septic tank. Rasakan pula bagaimana suasana di dalam rumah, ventilasi, pencahayaan, dan sirkulasi udara di sana.
  • Pastikan status kepemilikan properti rumah yang Anda beli. Tanyakan kepada si penjual tentang surat izin dan sertifikat kepemilikan. Pasalnya hal ini sangat krusial dan akan berdampak pada kehidupan Anda di masa depan. Mengetahui bagaimana ‘status’ si rumah sekaligus mengetahui masa lalu rumah tersebut—apakah ada sengketa atau tidak—membuat Anda lebih tenang dalam memutuskan pilihan saat hendak membeli rumah.
  • Pertimbangkan masalah harga rumah. Memang, saat ini harga rumah sudah selangit dan mencari rumah yang berharga miring pastinya sangat sulit sekali. Akan tetapi, melakukan survei harga rumah di pasaran membuat Anda tidak ditipu oleh si penjual dan membuat Anda lebih percaya diri saat melakukan penawaran.

Gimana, sudah siap untuk mencari rumah idaman Anda? (TR)

Hafif

Berdoa, Berusaha, dan Tawakal

Leave a Reply