Tips Merawat Shockbreaker Mobil

Setiap komponen mobil tentu banyak dan setiap komponen tersebut memiliki fungsi penting dan saling mendukung antar komponennya. Diantara sekian banyaknya komponen tersebut, shockbreaker merupakan salah satu komponen yang akan kita temukan di semua jenis mobil, termasuk Mitsubishi Pajero Sport. Shockbreaker pada mobil memiliki fungsi untuk meredam guncangan, sehingga mobil akan terasa nyaman ketika melewati jalanan rusak sekalipun.

Shockbreaker Mobil

Komponen ini sangat penting karena sangat mempengaruhi kenyamanan berkendara, karena itulah penting bagi kita untuk memperhatikan perawatannya. Berikut ini, adalah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk merawat shockbreaker mobil agar dapat memperpanjang usia pakainya :

  • Menghindari jalanan rusak mungkin akan menjadi hal yang sulit, namun kita bisa mengatasinya dengan memelankan laju kendaraan saat melewatinya. Cara ini akan membantu shockbreaker bekerja tidak terlalu keras. Hal ini juga berlaku ketika kita sedang melewati polisi tidur. Jika kita tetap melewati jalanan seperti ini dalam kecepatan tinggi, maka shockbreaker harus bekerja keras untuk meredam guncangan. Bahkan, jika kondisinya sangat parah, tidak menutup kemungkinan shockbreaker ini mengalami kerusakan.
  • Berikan batasan maksimal pada beban yang akan dibawa dalam mobil. Shockbreaker bekerja seperti sebuah per, jika beban yang diletakkan di atas per terlalu berat, maka akan mengurangi kemampuan fungsi per. Hal ini juga berlaku pada fungsi shockbreaker. Jika beban mobil terlalu berat, maka shockbreaker akan mengalami kesulitan untuk meredam guncangan mobil. Bahkan, jika hal ini berlangsung terus menerus, tidak menutup kemungkinan shockbreaker akan rusak, bocor atau mati.
  • Seperti komponen lainnya, kebersihan shockbreaker ini juga harus selalu dijaga. Biasanya kotoran ini berada di area luar karet pelindung shockbreaker. Hanya saja, jika kotoran ini dibiarkan dan tidak segera dibersihkan, kotoran dapat masuk ke dalam dan menempel pada dinding shockbreaker. Jika dibiarkan terus menerus, kotoran ini akan membuat daya gesek meningkat dan merusak dinding shockbreaker.

Namun kita tetap harus ingat, meskipun kita sudah melakukan berbagai perawatan di atas, shockbreaker tetap saja memiliki batas usia pakai. Sebaiknya, lakukan pergantian komponen ini ketika sudah melewati masa usia pakainya, agar kegiatan berkendara tetap terasa nyaman dan aman. (Vita)

Hafif

Berdoa, Berusaha, dan Tawakal

Leave a Reply